Langsung ke konten utama

Laporan Briefing PKMR Matematika 2017




Assalamu'alaikum wr. wb.

Alhamdulillah, Saya Amarta Prayuti dari prodi Pend. Matematika diberi kesempatan oleh Allah swt. untuk mengikuti kegiatan PKMR Matematika. Apa sih PKMR Matematika itu?

PKMR Matematika adalah singkatan dari Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Rumpun Matematika yang kegiatannya adalah melatih softskill mahasiswa rumpun matematika. Setiap detail kegiatan dalam acara PKMR ini memiliki manfaat/faedah yang dapat memperkaya ilmu dalam diri kita. Mulai dari briefing (21 Okt 2017 yaitu hari ini), penugasan, Pra-PKMR 1 (29 Okt 2017), Pra-PKMR 2 (4 Nov 2017), hingga ke acara inti PKMR nanti yang akan diselenggarakan insyaallah pada tanggal 11-13 November yang akan datang.

Nah, salah satu penugasannya adalah Laporan Materi yang telah disampaikan tadi siang (Briefing). Berikut Laporannya :

Pertama, kami yang mengikuti PKMR berkumpul pada pukul 07.30 di GHA lt.3 setelah sebelumnya absensi di depan ruangan. Ka Soeharno dari prodi Pend. Matematika 2016 selaku MC, membuka acara briefing dan dilanjutkan dengan tilawah oleh Khairul Fahmi dari prodi Pend. Matematika. Lalu, agenda selanjutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Anugerah Ali dari prodi Pend. Matematika.

MC selanjutnya memperkenalkan jargon PKMR Matematika 2017 (Bergerak Aktif dengan Inisiatif Menuju Matematika yang Inspiratif), Sambutan dari Ketua Pelaksana (Ka Febrian dari prodi Ilmu Komputer 2016), dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua BEM Matematika (Ka Wahyu Hutomo dari prodi Ilmu Komputer 2015).

Selanjutnya, MC memperkenalkan moderator yaitu Ka Akbar dari prodi Matematika 2016. Moderator memperkenalkan Pemateri Keilmiahan yang disampaikan oleh Ka Ayu Dini Farhana. Dilanjutkan dengan Pemateri Kesekretariatan dan Bendahara yang dibawakan oleh Ka Lilis Komariah (Sekretaris Umum BEM Matematika) dan Ka Fitri Khusnul Khotimah (Bendahara Umum BEM Matematika).

A.    Materi Keilmiahan
Budaya Ilmiah ada 4 yaitu baca, tulis, diskusi, aksi. Aksi yang dimaksud adalah aksi dalam bentuk karya. Bentuk karyanya ada PKM dan Essay.
Karya tulis terbagi menjadi 2 :
1.      Ilmiah                >> Esai Ilmiah, Skripsi, Jurnal, PKM, d (ll.
Dalam Esai Ilmiah (75% opini dan 25% fakta) formatnya adalah
a.       Pendahuluan         (Latar Belakang dan Identifikasi Masalah).
b.      Isi                          (Inovasi/ ide/ solusi dan opini ) yang menjawab permasalahan yang ada di Indonesia.
c.       Penutup                 (Kesimpulan dan Penguatan)
PKM
a.      PKM-Penelitian
PKM-P terbagi lagi menjadi 2 yaitu PKM-PE (Penelitian Eksakta) dan PKM-PSH (Penelitian Sosial dan Humaniora). Untuk Sistematika penulisannya adalah sebagai berikut :
-          Halaman depan
-          Halaman Pengesahan
-          Daftar Isi
-          BAB 1 Pendahuluan
-          BAB 2 Tinjauan Pustaka
-          BAB 3 Metode Penelitian
-          BAB 4 Biaya & Jadwal Kegiatan
Biaya yang dikeluarkan adalah berkisar 5 juta rupiah sampai 12.5 juta rupiah dan penjadwalannya 3-5 bulan.
-          Daftar Pustaka
-          Lampiran

b.      PKM-Kewirausahaan
PKM-K ini bergerak dalam bidang usaha berupa jasa/barang yang nantinya akan berurusan dengan laba yang akan dihasilkan dari usaha tersebut. Sistematika penulisannya sama seperti PKM-P bedanya hanya di BAB 2 menjadi Gambaran Umum Rencana Usaha dan di BAB 3 menjadi Metode Pelaksaan berupa teknis pelaksanaan nantinya.

c.       PKM-Masyarakat
PKM-M adalah kreatifitas untuk menyelesaikan permasalahan yang dominannya lebih ke masyarakat. PKM-M ini peminatnya lumayan banyak karena bentuknya langsung terjun ke lapangan untuk pengabdian. Untuk sistematika penulisannya sama seperti PKM-P bedanya di BAB 2 menjadi Gambaran Umum Masyarakat Sasaran. Mulai dari Range Umur, apakah sasarannya orang tua, remaja, atau anak-anak.

d.      PKM-Teknologi
PKM-T yaitu tentang teknologi, dimana teknologinya nanti harus ada wujudnya entah aplikasi, barang, robot, dll. Dalam sistematika penulisannya sama seperti PKM-P bedanya hanya di BAB 3 menjadi Metode Pelaksanaan.

e.       PKM-Karsa Cipta
PKM-KC ini berbentuk barang/ prototype yang belum ada sebelumnya sama seperti PKM-T.

f.       PKM-KT
Berbeda dari 5 PKM sebelumnya, PKM-KT hanya terdiri maksimal 3 orang saja. PKM-KT ini tidak ada usulan pembiayaan untuk penelitian. Yang ada hanyalah hibah dari pemerintah. Penulisan Karya Tulis ini berdasar dari yang telah dilakukan sebelumnya.

g.      PKM-GT
Sama seperti PKM-KT, hanya terdiri dari 3 orang dan PKM-GT adalah suatu pemikiran yang pembuatannya memerlukan waktu lama dan biaya yang sangat mahal. Contohnya Jembatan Suramadu.

Akademik
Akademik ini ada Olimpiade Nasional MIPA (ON-MIPA) dan OSN-PT yang bisa dibilang sangat bergengsi. Adapun akademik yang diselenggarakan oleh Universitas setingkat Nasional seperti Calculus Cup, MAG-D ITB, dll.

2.      Non-Ilmiah        >> Esai pergerakan/nasionalisme, Pemikiran, dll.
Dalam Esai Non-Ilmiah formatnya adalah
a.       Pendahuluan         (Latar Belakang)
b.      Isi                (Inovasi/ ide/ solusi dan opini ) yang menjawab permasalahan yang ada di Indonesia.
c.       Penutup                 (Kesimpulan)

Terakhir pesan dari Ka Ayu adalah yang terpenting Management Waktu! Kalau sedang Kuliah ya Kuliah, Kalau rapat ya rapat, Kalau dirumah maksimalkan juga dengan keluarga.

B.     Materi KesekBen

a.       Materi Kesekretariatan
“Kesekretariatan itu menulis. Untuk dibaca, diketahui, dan diikuti”
Dalam kesekretariatan ada SOP (Standar Operasi Prosedur) Dimana segala yang dilakukan itu ada prosedurnya, tata caranya. Dalam kesekretariatan bisa juga disebut Standar Operasi Penyesuaian, karena apabila SOP berubah maka kesekretariatan harus cepat tanggap agar bisa menyesuaikan dengan keadaan agar tidak terhambat apapun.

Kesekretariatan mengurus Proposal dan Surat-menyurat. Surat menyurat itu ada Duta Organisasi (Surat rekomendasi, Surat kuasa, dll), Alat bukti, dan Bukti Tertulis.

Proposal dibentuk untuk mengajukan bantuan dana agar dikabulkan. Maka Proposal yang baik adalah proposal yang detail yang dapat memuat segala informasi mengenai suatu acara tanpa perlu seseorang yang membacanya hadir dalam acara tersebut.

"Administrasi : Baik tidak pernah dipuji, Sedikit salah dicaci." Saya pribadi ingin menambahkan “Maka dari itu zero mistake!”.
Untuk Proposal maksimal H-30 dan LPJ maksimal H-30 juga. Apabila dosen tidak mau menandatangani proposal, perlu dibujuk terus, kalau memang tidak mau menandatangani maka tanyakan nama yang sekiranya bisa menggantikan beliau tanda tangan. Itu pun harus bertanya dulu ke LLM  karena sudah keluar dari jalur SOP.


b.      Materi Bendahara
Bendahara sebagai penanggung jawab keuangan dan yang mengurus tentang keuangan.
Dalam BEM ada 3 hal tugas Bendahara :
-          Mengelola uang
-          Membuat RSPJ dan SPJ (Untuk mengajukan uang ke universitas)
-          Membuat Laporan Keuangan

Dalam Kepanitiaan :
-          Mengelola uang kegiatan.
-          Menyusun RAD (Rancangan Anggaran Dana) sebelum kegiatan.
-          Membuat Laporan Keuangan

Agar bisa mengelola uang dengan baik ada hal-hal yang harus dilakukan :
-          Membuat perencanaan keuangan. Agar bisa memprioritaskan mana yang harus lebih dulu dikeluarkan mana yang nanti.
-          Mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran dengan detail. Karena sekecil apapun pengeluaran atau pemasukan yang terabaikan, maka akan menggunung nantinya dan akan menimbulkan masalah. Maka jangan tunggu memegang buku catatan pengeluaran. Harus langsung mencatat.
-          Membuat laporan keuangan secara berkala. Misal setiap seminggu 3x dihitung lagi uang yang ada dengan yang dicatatan.

Rancangan dana tidak selalu benar. Maka bagaimana kita meminimalisir kemungkinan defisit yang ada dengan :
-          Danus (Dana Usaha) : Dengan adanya dana usaha, walaupun acara telah selesai, defisit bisa teratasi.
-          Infaq Panitia
-          Sponsor
-          HTM (Biaya registrasi)
-          Dana dari fakultas (10jt/ prodi)

SPJ yang diajukan harus juga dibarengi dengan surat permohonan. Dan tidak boleh mengajukan SPJ sebelum Dana SPJ sebelumnya cair. RSPJ adalah Rancangan dana yang akan diajukan ke dekanat dan rektorat. Tidak termasuk danus, sponsor, dll.

Setelah penyampaian materi oleh ketiga pembicara. Selanjutnya dikembalikan ke MC. Langsung dilanjutkan dengan pembacaan kelompok dan kakak fasilitator. Setelah itu berkumpul dengan kelompok masing-masing.
Saya sendiri berada di kelompok 3 dengan fasilitator ka Lilis. Dalam kelompok 3 ada 12 orang yaitu :
1.      Amarta (saya sendiri)
2.      Sekar A. (Pend. Matematika)
3.      Aisyah Rizki (Pend. Matematika)
4.      Muthia (Pend. Matematika)
5.      Fransisca (Matematika Murni)
6.      Adam SH (Matematika Murni)
7.      Ari (Ilmu Komputer)
8.      Fachry Muhammad (Ilmu Komputer)
9.      Pradyanti (Ilmu Komputer)
10.  Winda (Statistik)
11.  Irsyad
Ada beberapa hal yang disampaikan. Yaitu penugasan individu dan penugasan kelompok.

A.    Tugas Individu
-          Membuat blog berisikan Laporan yang sudah didapat hari ini dan di link ke FB PKMR Matematika 2017 (Deadline 22 Oktober jam 11.30)
-          Essay Eksekutif dan Legislatif (740 kata) dan Essay Advokasi (500 kata) ditulis di kertas HVS (diusahakan yang bekas). (Deadline Pra-PKMR 1 yaitu tanggal 29 Okt 2017)

B.     Tugas Kelompok
Diberikan modal 50rb rupiah dalam waktu 3 minggu melakukan dana usaha sampai 500rb rupiah.

Setelah penyampaian tugas, dilanjutkan dengan penutup berupa do'a dari ka Insan. Alhamdulillah banyak hal yang saya dapatkan dari briefing PKMR Matematika ini. Semoga kedepannya semakin banyak ilmu yang saya dapatkan dan segala penugasan dapat dijalankan dengan penuh ikhlas agar berguna untuk kedepannya. Aamiin ya Rabb....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Pra-PKMR 2

Alhamdulillah, saya masih diberi kesempatan untuk menuliskan laporan kegiatan Pra-PKMR 2 ini. Walaupun saya sendiri sebenarnya tidak hadir dalam Pra-PKMR 2 dikarenakan sakit. Pra-PKMR 2 ini diadakan hari Sabtu, 4 November 2017. Pra-PKMR 2 ini dimulai pukul 07.30 di GDS lt.5. Setelah presensi, peserta diarahkan ke GDS Lt. 7 menggunakan tangga menuju ruangan 708. Pukul 08.00 acara dimulai dengan pembukaan oleh MC yaitu ka Soeharno dan dilanjutkan tilawah oleh Faqih dari Prodi Ilmu Komputer. Selanjutnya menyanyikan lagu Indonesia raya yang dipimpin oleh Septi dari Prodi Ilmu Komputer. Materi Pertama yaitu tentang Mekanisme Sidang yang dibawakan oleh Ka Naufal selaku Ketua BPM FMIPA. Sebelumnya diperkenalkan juga moderatornya yaitu Ka Wimbo dari Matematika 2016. Definisi : 1.       Musyawarah, adalah salah satu proses pengambilan keputusan dalam suatu organisasi berdasarkan kesepakatan bersama seluruh peserta sidang untuk mencapai mufakat. 2.       Sidang, adalah forum form

Anime : K Project

Haihai.. ane gak tau sih setiap post-an ane selalu ada yang nge-stlak atau enggak tapi.. Keep enjoy! Sesuai judul, gue mau nge-post apa sih anime K project itu.. Anime ini udah lama sih. Tapi yang belum tau yaa… cekidot! Anime ini sudah complete! Alias sudah mencapai tamatnya di episode 13. Anime K project / yang biasa disebut K saja/ ini memang awal ceritanya gak jelas, apalagi awal-awal. Kalian paling enggak download sampe ep. 5. Anime ini seru kok. Tokoh utama dari anime ini namanya shiro. Shiro ini kawai banget!!>< gue paling suka shiro, yaa.. gak Cuma shiro sih. Nanti gue kenalin cowok-cowok ganteng yang lain. *Atas : dari kiri : gak tau, shiro, mikoto. *Bawah : dari kiri : kuroh *kalogaksalah* ,  ketua pasukan biru, penghianat pasukan merah yang masuk ke pasukan biru. Nah.. liat tuh shiro.. unyu kan? Tapi tangannya keliatan tua ._. pokoknya shiro itu aneh.. dia itu dikejar-kejar sama kuroh karna shiro dijadiin buronan. Kenapa dijadiin buron

Tentang Bidik Misi

Assalamu’alaikum wr. wb… Hai!! Dalam postingan ini saya mau share tentang beasiswa bidikmisi. Apasih beasiswa bidikmisi ini? Beasiswa bidikmisi ini diperuntukan untuk kamu yang kurang mampu dalam bidang keuangan tetapi tetap ingin berkuliah. Kita bisa ketahui ya bahwa kuliah dimana-mana mahal. Sistem penentuan UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang diusung pemerintah pun masihlah terbilang tinggi. Dengan embel-embel “UKT dibayar 1x per semester dan tidak ada biaya tambahan lagi” Oh bagi saya itu kebohongan besar haha… Miris ya.. karena yang namanya berkuliah itu tentunya ada hal-hal lain yang harus terpenuhi. Contoh : Buku penunjang perkuliahan, Ongkos, makan siang, belum lagi biaya tugas seperti praktikum, print makalah, dan sebagaibagainya. TAPI, Jangan khawatir! Jangan takut tidak bisa membayar uang kuliah ataupun biaya pendukung perkuliahan lainnya! Karena di bidikmisi ini selain UKT kamu akan dibiayai oleh pemerintah, kamu akan dapat uang saku perbulannya sebesar 600.000. I